Rabu, 15 Mei 2013

Kartu Palembang Sehat (KPS)


Gambar Kartu Palembang Sehat ( KPS )



Kartu Palembang Sehat (KPS) adalah program kesehatan yang dikeluarkan pemerintah kota Palembang pada 4 April 2013 diabawah jembatan Ampera merupakan pelayanan turunan dari program berobat gratis. Kualitasnya 10 kali lenih bagus dari kartu lainnya. KPS ini adalah bentuk penyempurnaan dari program kesehatan sebelumnya.  kartu Palembang Sehat ini merupakan cikal bakal hadirnya Kartu Sumsel Sehat. Hadirnya Kartu Palembang sehat membuktikan kalau program untuk mewujudkan masyarakat sehat sudah dilaksanakan dengan nyata dan bukan hanya wacana semata.
Dengan inovasi ini diharapkan agar masyarakat kota Palembang lebih mudah menggunakan program kesehatan gratis. Pemegang KPS tetap menganut syarat dan ketentuan program berobat gratis yang telah banyak dimanfaatkan masyarakat Sumatera Selatan (Sumsel).
Kartu  ini bentuk fisiknya menyerupai e-KTP ini dilengkapi dengan IT teknologi atau semacam chip untuk menyimpan data atau identitas pemiliknya. Selain itu, KPS juga diklaim mampu mencatat riwayat penyakit pasien serta share ke berbagai rumah sakit yang melayani program kesehatan gratis.
Dalam kartu itu sudah terekam data pemilik, dan hanya bisa digunakan oleh pemiliknya jadi pemegang KPS, tidak perlu menggunakan KTP, KK atau surat keterangan dari kelurahan untuk berobat. Selain itu, untuk urusan pendaftaran, pengambilan obat dan administrasi lainnya cukup menggunakan KPS
Warga bisa mendapatkan kartu ini dengan cara mendaftarkan diri ke Puskesmas wilayah masing-masing dengan menunjukkan identitas resmi berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Kartu Keluarga (KK). Untuk mendapatkan Kartu Palembang Sehat (KPS) masyarakat Kota Palembang dapat datang ke 39 Puskesmas di seluruh Kota Palembang berdasarkan tempat tinggalnya masing masing dengan membawa fotocopy kartu keluarga dan mengisi form pendaftaran.  Seluruh warga Kota Palembang bisa mendapatkan kartu ini, kecuali mereka yang sudah terdaftar sebagai Jamkesmas, Jamsoskes atau sejenisnya. Sebab, mereka yang sudah memiliki layanan jaminan kesehatan tidak perlu lagi memiliki KPS ini.
Pemkot setempat melalui Puskesmas Pembina telah mendistribusikan sebanyak 284 lembar kartu Palembang sehat sejak tanggal 4 April kepada warga yang berhak menerimanya. sedangkan warga yang telah mendaftar untuk menjadi peserta program gratis berobat itu mencapai 5.000 orang. Peserta kartu Palembang sehat akan dilayani 39 unit puskesmas di daerah itu. Tiga rumah sakit yang melayani peserta kartu Palembang sehat itu adalah RS Bari, Khadijah dan Rumah Sakit Muhammadiyah.

Referensi :
1. Dinas Kesehatan. 2013, Launching Kartu Palembang Sehat, [on line]. Dari: http://www.dinkes.palembang.go.id. [ 14 Mei 2013 ]
2.  http://palembang.tribunnews.com/2013/04/01/kartu-palembang-sehat-dibagikan-4-april
3. http://catatanahmad.blogdetik.com/2013/05/08/kartu-palembang-sehat-masih-terpaut-program-berobat-gratis/
4. http://sumsel.antaranews.com/berita/273184/puskesmas-pembina-distribusikan-kartu-palembang-sehat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar